Senin, 01 Juni 2020

Hari yang sibuk

Kemarin merupakan hari yang sibuk sebab beberapa kegiatan bersamaan waktunya. Selama WFH, saya mengikuti banyak kursus dan kegiatan webinar yang berseliweran flier-nya di media sosial yang menggoda pandangan mataku untuk segera mendaftar. Selain webinar yang dilaksanakan satu sampai tiga hari, saya juga mendaftar berbagai kursus antara rentang satu sampai tiga bulan lamanya dari mulai kursus membuat roti dan cake, kursus kecantikan paket lengkap dari mulai paket make up, skincare, spa, salon dan manajemennya, kursus IT membuat Learning Management System dan desain digital yang butuh lebih lama waktunya selama tiga bulan. Ada 6 modul yang harus dipelajari. Modul 1 tentang bagaimana berwirausaha dengan desain grafis seperti membuat undangan cetak, gantungan kunci, desain logo, desain mock up. Modul 2 kelas membuat media pembelajaran digital interaktif dengan PPT. Modul 3 kelas animasi video explainer dengan membuat animasi motion grafik video explainer. Modul 4 kelas animasi 3D dengan membuat animasi 3D menggunakan android. Modul 5 membuat aplikasi android untuk media pembelajaran, toko online, profil sekolah/lembaga, wedding invitation. Modul 6 kelas youtube dengan membuat berbagai macam tampilan video youtube. Ilmu yang benar-benar baru bagi saya. Kemudian saya juga mengikuti kursus menulis yang difasilitasi PGRI dengan narasumber Om Jay seorang pendidik yang bergelut di dunia blogger juga. Dengan begitu banyaknya kegiatan yang harus saya ikuti ternyata ada jadwal kursus yang dilaksanakan pada saat yang sama. Hmm... tentunya saya tidak tahu sebab ketika mendaftar ada kegiatan yang belum diberikan jadwalnya. Tapi sudahlah karena sudah diniati Bismillah semua akan dijalani sak pol kemampuan. Melihat istrinya sibuk di rumah suami saya cuma geleng-geleng kepala dan menyebut saya kemaruk hehe... Suami cuma titip agar anak-anak tidak terlantar akibat kesibukan saya itu. Tenang bebs, keluarga tetap nomor satu kok...

Semalam ada 3 kegiatan yang harus saya ikuti. Diawali pukul 19.00 sampai 21.00 kuliah perdana menulis bersama Om Jay melalui WA grup. Saya agak terlambat masuk beberapa menit karena membantu anak-anak makan malam dengan lobster yang pastinya susah bagi mereka untuk membuka isi dibalik cangkangnya. Namun saya bisa mengikuti kegitan dengan baik. Kemudian pukul 19.30 pembukaan kuliah digital melalui youtube sebagai orientasi perkuliahan yang harus kami jalani selama 3 bulan. Kedua kegiatan itu menyita perhatianku sebab keduanya harus fokus. Selanjutnya jam 20.00-21.30 kegiatan ngaji online. Untuk sementara saya fokus mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Beberapa materi pengajian yang sudah difahami memberi kesempatan untuk melirik 2 kegiatan yang tadi sempat ditinggalkan sementara. Bahkan saya sempat mengajukan pertanyaan pada Om Jay semalam. Kuliah digital selesai lebih dulu sebab sifatnya sebagai pengantar saja. Mulai belajarnya hari jumat mendatang. Kemudian saya lihat kegiatan menulis bisa saya tinggalkan sementara karena sesi tanya jawab dan saya fokus ngaji lagi sampai selesai. Pukul 21.30 ngaji rampung dan saya fokus lagi ke WA grup untuk mempelajari materi yang tertinggal. Ketika kegiatan berakhir ternyata masih ada tugas membuat resume yang harus masuk tugasnya sampai lusa. Kepala saya sebenarnya sudah cukup pening makanya saya tinggalkan dulu. Saya ajak anak-anak untuk bobo. Si bungsu yang paling cerewet bertanya, "Bunda, sibuk banget ya?" Hehe... "Bunda lagi belajar berbagai ilmu yang nantinya akan bunda ajarkan pada kalian juga". Dia tersenyum kemudian memelukku dengan erat. Anak-anak sudah bobo kemudian saya bangun untuk segera membuat resume. Jam 00.40 segera saya kirimkan hasil resume ke email Om Jay lalu saya posting di blog ini. Terakhir saya kirimkan ke grup WA menulis untuk dikritisi teman-teman.

Selesai mengirimkan tugas saya baru sadar belum solat Isya. Astagfirullah saya lupa... Segera bergegas mengambil air wudlu dan melaksanakan solat. Alhamdulillah semua aktivitas bisa saya jalani hari ini dengan lancar. Segera saya beranjak dari tempat solat kemudian kuhampiri anak-anakku. Kuciumi mereka satu persatu dan kubisikkan permintaan maafku karena tidak mendampingi mereka untuk membacakan dongeng sebelum tidur. Aah... hari yang melelahkan dan segera kutarik selimut. Semoga lelahku menjadi berkah. Aamiin...


6 komentar:

  1. Boleh dong bu berbagi informasi untuk kursus kursus PMS kap ada yah....terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Infonya saya japri saja sebab banyak link yang akan saya bagikan

      Hapus
  2. Subhanallah..udah mantul buat blog nya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu apresiasi dan kunjungannya. Saya masih harus banyak belajar...

      Hapus

Refleksi bulan Januari 2021

                   Membuka tahun 2021 tepatnya tanggal 7 Januari saya mendapat kabar jika buku saya yang berjudul "Berbagi Motivasi dal...