Minggu, 31 Januari 2021

Refleksi bulan Januari 2021

        
        Membuka tahun 2021 tepatnya tanggal 7 Januari saya mendapat kabar jika buku saya yang berjudul "Berbagi Motivasi dalam Literasi" disetujui penerbit Edwrite untuk diterbitkan. Kabar berikutnya saya terima tanggal 19 Januari dari penerbit Andi Yogyakarta. Buku kolaborasi saya dengan Prof. Ekoji yang berjudul Netiquette dalam proses penerbitan. Alhamdulillah... kabar tersebut menjadi mood buster bagi saya untuk bisa berkarya lagi setelah menulis buku perdana yang berjudul "Stop Child Abuse! Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan pada Anak di Sekolah" diterbitkan PT Grha Cipta Media tahun 2018.

          Awalnya tidak mudah bagi saya untuk menulis. Saya merasa kesulitan menemukan ide apalagi mengembangkannya. Namun saya terus mencoba sebab ingin membuktikan keajaiban apa yang akan saya peroleh dengan menulis. Ternyata luar biasa dampaknya. Dengan menulis dan masuk berbagai komunitas menulis seperti : PGRI, Edwrite, KPPJB, Gulisiana, dan lain-lain yang saya ikuti memberikan banyak pencerahan. Ketika motivasi untuk menulis saya menurun maka dengan membaca tulisan rekan-rekan yang selalu semangat untuk berkarya membuat mood menulis saya kembali naik. Maka saya sangat menyarankan bagi penulis pemula agar masuk berbagai komunitas menulis ini. 
       Berkat jejaring pertemanan dalam dunia menulis pula membuka jalan bagi saya untuk bisa berkolaborasi dengan para penulis hebat melalui tiga buah buku antologi yaitu Semangat Menulis Bersama Bu Kanjeng, Pelangi di Tengah Pandemi dan Mendidik dengan Hati. Kesempatan emas juga saya peroleh dengan berkolaborasi bersama Prof. Richardus Eko Indrajit yang biasa disingkat Prof. Ekoji. Waaah... saya gak pernah bermimpi bisa menulis bareng beliau apalagi difasilitasi penerbit Andi sebagai penerbit mayor. Sungguh karunia yang luar biasa. 
            Dengan mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan PGRI dan Ekoji Channel membuka kesempatan saya juga untuk mengikuti gurulympic ajang perlombaan yang pertama kali diselenggarakan PGRI di tahun 2020. Alhamdulillah saya memperoleh 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu. 
            Di bulan Januari ini saya juga mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi guru penggerak untuk pengajar praktik. Pada tanggal 12 Januari saya mengikuti seleksi simulasi mengajar. Alhamdulillah lulus yang dilanjutkan seleksi wawancara pada tanggal 26 Januari. Saat tulisan ini dibuat kegiatan wawancara masih berlangsung sampai tanggal 4 Februari. Saya berharap bisa ikut memberikan kontribusi bagi suksesnya program guru penggerak ini. Aamiin...
            
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Refleksi bulan Januari 2021

                   Membuka tahun 2021 tepatnya tanggal 7 Januari saya mendapat kabar jika buku saya yang berjudul "Berbagi Motivasi dal...